Tes Kecepatan Situs Dengan GTmetrix

Mungkin Kamu Juga Tertarik:
...
Yo, what's up gaess.

Sudah lama sekali saya tidak menulis di blog saya ini, kali ini akan memperlihatkan sesuatu yang mungkin sangat mengejutkan.

Apakah Itu?

Jika Anda belum tahu, gtmetrix adalah salah satu metrix yang dibuat untuk mengukur hasil atau score dari sebuah situs yang akan di lambangkan oleh pagespeed score dan YSlow score.

Sebelumnya, saya akan membagikan sebuah hasil performa dari situs yang sedang saya garap (http://panwis.com/):


-https://gtmetrix.com/reports/panwis.com/gsGkpMqM

 Apa yang menjadi faktor penilaian ini?

Sebenarnya ada beberapa faktor umum yang dapat mempengaruhi nilai dari metrix ini. Seperti: konten, Javascript, Css, Gambar, dan juga Server.

Jika Anda memperhatikan gambar diatas, bisa Anda lihat bahwa situs saya tersebut membutuhkan waktu 0,5 detik untuk selesai dimuat dan memiliki 1 request saja. Ukuran ini saya anggap normal, karena memang halaman tersebut hanya berisi text, link, css, dan html dengan total ukuran 6.62KB saja.

Akan berbeda ceritanya jika saya memasang thumnail atau featured images, dan tentunya akan mencipakan lebih banyak request dan lebih besar ukuran laman.

Disini saya menekankan, bahwa ada 2 faktor penting yang perlu diperhatikan. Yang pertama adalah pemilihan theme atau template blog, karena tidak bisa dipungkiri lagi hal ini merupakan sebuah hal kritis yang perlu diperhatikan.

Gunakan theme yang simple dan ringan, lebih bagus lagi jika Anda dapat mengompres semua data seperti css, gambar, dan javascript.

Yang terakhir jangan lupakan peranan Server, server menentukan kecepatan respon situs. Misalnya situs anda memiliki server di luar negri maka hasilnya akan berbeda apabila situs Anda di host di server lokal.

Hati-hati dalam memilih server, jangan hanya termakan harga yang murah. yang ada malahan Anda mendapat server murahan, tapi jangan terlelu mekasakan juga untuk menyewa server super mahal.

Jika Anda ada kesempatan, saya akan menulis beberapa penyedia hosting favorit saya.

Demikianlah sedikit celotehan dari saya, semoga bisa membantu anda dalam mengintropeksi situs Anda apakah masih terlalu memerlukan perbaikan.

DOMAIN DAN HOSTING YANG LAGI #TRENDING